Beranda Coffee Talk

3 jam bersama Dubes Donovan

BERBAGI

Suatu Kehormatan bisa bertemu dan diskusi dengan yang mulia Duta Besar untuk Indonesia, Bapak Joseph R Donovan JR, dan Ibu Mei Chou Donovan  serta rombongan dari Konsul Amerika Serikat Medan, Bapak Juha Salin ( Konsul Amerika untuk Sumatera), Ibu Jessica Panchatha ( Wakil Konsul Amerika untuk sumatera), Ibu Rachma Jaurinata (Staf senior bidang politik dan ekonomi), Bapak Jeffrey Jeo ( Advisor Education Amerika Serikat) dan Ibu Caroline Tanjaya ( Staff Humas konsulat AS)

Sharing tentang pemberdayaan petani kopi dan Peluang bisnis internasional di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Lawatan kunjungan ke kawasan danau Toba adalah dalam rangka mempererat hubungan ekonomi, perdagangan  dan pertukaran pendidikan serta pengembangan pariwisata antara Amerika Serikat dengan masyarakat di Kawasan Danau Toba. Undangan khusus dari Bapak Luhut B Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia yang juga pendiri yayasan IT DEL pada acara Wisuda mahasiswa Institute Tehnology Del di Laguboti, Toba Samosir ,pada hari sabtu 8 September 2018.

Panen Kopi bersama

Ada beberapa hal yang menarik atas kunjungan pak Dubes di Kabupaten Humbang Hasundutan dan Tapanuli Utara, yang dimulai dari jam 10.00 WIB. Setibanya di bandara Silangit langsung  berkunjung ke Geopark Sipincur, taman pinus dan salah satu geosite yang dapat memandang keindahan Danau Toba. Di Sipincur disambut langsung oleh Bapak Bupati Humbang Hasundutan dan Ibu , Wakil Bupati , Ketua DPRD Humbang Hasundutan dan beberapa pejabat ASN Humbang Hasundutan, untuk menikmati pemandangan Danau Toba dan tor -tor dan musik tradisional yang dibawakan anak SMP Baktiraja. Bapak Dubes Donovan sebagai perwakilan tertinggi Amerika Serikat di Indonesia sejak bulan november 2016,  menggantikan Robert Blake ini juga, sempat memainkan alat musik tradisional Batak “Taganing”.

Bermain Taganing di Taman Sipincur
Pak Dubes Donovan, sedang memetik Kopi Arabika Sumatera Lintong
Gani Silaban, sedang presentasi proses kopi
Pak Dubes Donovan dan Pak Bupati Humbang Hasundutan, sedang menggiling biji kopi merah ( Pulping)
Semua ngopi Kopi Arabika Sumatera Lintong

Dan yang paling special, setelah menikmati Danau toba dari Sipincur adalah kunjungan ke kebun petani kopi lintong, dimana dikebun kopi ini  pak Dubes Donovan dan rombongan melihat kebun kopi organik dan pembibitan kopi milik Pak Malon Sianturi, melakukan panen kopi dan proses kopi paska panen serta menikmati sajian kopi Arabika Sumatera Lintong yang disajikan langsung oleh barista lokal

Bapak Dubes Donovan dan ibu Mei Chou serta rombongan sangat menikmati kunjungan ke kebun kopi ini, karena bisa terlibat langsung proses kopi Arabika Sumatera Lintong yang sudah mendunia dan sekarang, salah satu produk KSU POM Humbang sudah ada di toko online terbesar dunia, “Amazon” dimana pemiliknya Jeff Bezos orang terkaya dunia dan juga warga negara Amerika Serikat . Pada waktu yang bersamaan pak Dubes dan Ibu sempat berinteraksi langsung dengan petani-petani kopi lintong yang bergabung dengan Koperasi KSU POM Humbang Coop.

 

Ibu Dubes Mei Chou sedang bercanda dengan anak petani kopi lintong
Pose keren ibu Dubes dan Sekjen KSU POM Humbang, Lampita Silaban
Photo Bersama team KSU POM Humbang dan Maspekal dengan Pak Dubes Donovan , Ibu Mei Chou dan Pak Juha Salin (Konsul AS)

Selesai ngopi Lintong dari kebun kopi di desa Lobutolong, rombongan kedubes dan konjen langsung berangkat melewati jalan Desa via Desa Nagasaribu. Tentunya dengan pengawalan yang sangat ketat, karena tamu khusus kenegaraan. Kami bersama rombongan didepan memandu perjalanan ke Piltik Homestay yang berlokasi di jalan sadar, Lobu siregar, Siborong-borong- Tapanuli Utara, untuk acara makan siang dan diskusi dengan FORTOBA ( Forum Pelaku Lokal Kawasan Danau Toba) Organisasi Nirlaba, yang bertujuan untuk membantu pelaku usaha  lokal dan berkontribusi dalam pengembangan kawasan danau toba, yang beranggotakan pelaku UKM, Homestay, Hotel, Kuliner, Travel dan Tour Organizer di kawasan Danau Toba.

Sambil makan siang, kami mendiskusikan peluang dan tantangan pengembangan kawasan danau toba yang  berbasis lingkungan.  Banyak point-point penting dalam pembicaraan kami selama makan siang, diantaranya pengembangan kawasan danau toba yang harus melibatkan penduduk setempat dan berbasis ramah lingkungan, Peningkatan SDM dalam menata daerah wisata baik wisata alam (ekowisata) wisata budaya (Culture tourism), Agrowisata, kemampuan berkomuniasi, dan juga membangun budaya hospitality , serta kolaborasi semua pihak baik pemerintah, swasta serta masyarakat umum bisa berkolaborasi dalam membangung kawasan Danau Toba, dimana semua point point diskusi ini  tujuannya berdampak pada kemajuan masyarakat secara umum dan kelestarian lingkungan yang tetap terjaga.

Diskusi dengan tokoh tokoh pelaku usaha lokal degan Pak Dubes dan Pak Konsul
Team FORTOBA, pak Dubes Donovan dan pak Konsul Juha Salin. Piltik Resto dan Homestay
Cinderamatakhusus dari Ketua FORTOBA, Pak Edward Tigor Siahaan , Photografer Profesional dan juga pendiri Piltik Homestay untuk Pak Dubes Donovan

Dubes Donovan yang pernah bertugas di RRC, Jepang, Taiwan, Macau, Korea Selatan dan Qatar, sangat senang bisa diskusi langsung dengan komunitas FORTOBA dan juga banyak memberikan ide-ide yang membangun serta informasi pendidikan di Amerika Serikat, dan berjanji akan menyampaikan pesan pesan dari FORTOBA kepada Presiden Jokowi dan menteri terkait.

Pada pertemuan ini, ketua FORTOBA memberikan cindera mata berupa buku BATAK INSPIGRAPH yang berisi tokoh- tokoh orang Batak yang sangat menginspirasi dan tinggal di berbagai belahan dunia.

Charly Silaban, Pengurus FORTOBA sedang berpose ria dengan rombongan pak Dubes

Dubes Donovan alumni Georgetown University’s School of Foreign Service dan Magister dari US Naval  Postgraduate  School, sangat senang tinggal dan bekerja di Indonesia. “Indonesia itu negara yang kaya akan keberagaman,  banyak tempat wisata yang indah-indah dan makanannya juga sangat enak enak” katanya sambil senyum hangat.

Very Very Special dari Pak Dubes Donovan. terima kasih banyak untuk kesempatan yang sungguh bermakna ini.

Pak Joe, Panggilan untuk Pak Dubes Donovan , Menurut saya secara pribadi seorang sosok yang sangat bersahaja, humble dan murah senyum, begitu juga dengan ibu Mei Chou, yang sangat ramah, ceria dan baik hati. Sebagai “Senior Qualified Diplomat” dan sangat disegani di kalangan Diplomat , merupakan suatu kehormatan selama 3 jam bisa bercerita banyak dengan beliau. Dan menjadi  inspirasi dan motivasi  hidup untuk semakin banyak lagi berbuat yang terbaik untuk masa depan yang lebih baik lagi. Terima Kasih Banyak Pak Dubes Donovan.

Desa Nagasaribu, Sabtu, 08 September 2018

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here