Petani Kopi dari Philippina di Humbahas

Petani Kopi dari Philippina di Humbahas

107
0
SHARE

Coffee Farmers Educational Tour and Fellowship
Program  study banding Kopi dan persahabatan antara petani kopi dari Philippina dan petani kopi di Humbang Hasundutan, ini adalah ide saya dan brother Rene Guilingen sahabat saya satu alumni ARI Japan 2008 dan Alumni iLEAP-USA dimana dia sebagai pilot project di program ini.

Saya , Rene dan Piter tiga sekawan, satu angkatan di ARI Jepang 2008 dan satu alumni dan beda angkatan di iLEAP-USA

 

Porgram ini, tindak lanjut dari kunjungan saya ke Philippina, tepatnya ke provinsi Bengue bulan januari 2017 lalu, dimana Rene yang bekerja di NGO CGN ( Cordillera Green Network Inc) Berada. dan setelah mendapat bantuan support dari  CGN, JICA dan Woman Empowerment ( WE-21 Japan), sehingga bisa membawa serta 6 Petani kopi dari Cordillera -Philippina, belajar tentang budidaya kopi, prosessing kopi dan marketing yang dipandu team kopi dari KSU POM HUMBANG Coop, yang bermakas di desa Nagasaribu, Kec. Lintongnihuta, Kab,Humbang Hasundutan,Sumatera Utara selama 6 Hari  ( 25-30 September 2017).

Photo Bersama Petani dari Philippina dan KSU POM Humbang di Kebun Sipalpal-Batuharang-Nagasaribu.
Menjelaskan Varietas Lokal berumur ratusan tahun Kebun Sipalpal-Batuharang-Nagasaribu
Pembenihan Kopi Lintong

Ke 6 petani berasal dari pengurus asosiasi petani dari Tublay, provinsi Benguet , Region Administratif Cordilera- Phiilppina, ada dari Bawi Coffee and Organic Farmers Association (BACOFA) , Baayan Organic Farming Practitioners Association (BOFPA), Sayatan Arabica Coffee Farmers Association ( SACOFA) dampingan dari Cordillera Green Network Inc ( CGN)

Salah satu anggota MASPEKAL sedang menjelaskan benih unggul yang sudah dikembangkan di sekitar kawasan Danau Toba
Wow…menjemur kopi

Program berbagi ilmu selama 6 hari ini membawakan nuansa persahabatan yang sangat erat antara komunitas batak di desa nagasaribu, dimana mereka tinggal ( Homestay) dan masyarakat Philippina ( dari suku Igorot ) ditambah banyaknya kesamaan bahasa ( bahasa tagalog dan Bahasa Batak), dan kesamaan postur tubuh dan wajah, dan sama sama orang gunung , serasa mereka tinggal di rumah sendiri.

Di rumah salah satu host family, Desa Tambunan Nagasaribu
Host Family di Desa Banjar Tonga tonga

Selain berbagi ilmu kopi, kesempatan ini juga kami promosi wisata ( seperti sipinsur) dan berbagi pengalaman, pendidikan dan budaya dengan mahasiswa AKKB Doloksanggul.

Mahasiswa AKKB Doloksanggul, yang sedang belajar bahasa Jepang. kebetulan ada salah satu orang orang Jepang Ms.Ayako Koike

Danau Toba, Tanah Batak, sepertinya akan menjadi wilayah yang sangat beruntung dimasa yang akan datang, terkhusus dengan akses yang sangat capat dari bandara Silangit Internasional Airport. Tinggal bagaimana kita kita yang ada disini, dan yang mau berbagi dan mereka yang mau berbuat yang terbaik untuk kampungya dan mau pulang kampung mengolah kesempatan yang luar biasa ini.
yang pasti…………
Kami Sudah Mulai.
learning about Hospitality, Collaboration , Team Work, Nerworking ….asa Lam tauli pasu pasu di Hutanta tu joloan on.

Bandara Internasional Silangit

Terima kasih buanyak kepada team work kami KSU POM Humbang dan MASPEKAL, kita memang keren deh!!!. Untuk fellowhip dan makan malam kita yg uenak Kengo and Veny Farm Kengo Ishida Veny Tpbolon, untuk sharing keramah tamahan dari inang Kadep Debora Sinaga, you are my inspiration, untuk bro Junpiter Pakpahan, untuk reuni kita dengan Rene, Dekranasda untuk ijin makan siang dan diskusi kita, Lapo Codian, silangit untuk makan khas batak yang sangat enak, untuk kampus AKKB Doloksanggul atas tempat dan seminar kita, and for my lovely students at AKKB Doloksanggul, semoga termotivasi ya, Ganbatte ne!!!, untuk orang tua kami induk semang ( Hostfamily) atas senyuman dan keramah tamahan nya selalu, your body language was love .
Tuhan Selalu Memberkati kita.

Bersama Inang Pdt.Debora Purada Sinaga MTh Kadep Diakonia ( juga alumni ARI Jepang)
Menanam Pohon untuk Alam yang lebih Asri

Our Special Thanks for CGN and WE-21 Japan, and JICA for your supports and brothers and sisters at SACOFA, BACOFA, BOFPA
Thank you for sharing of life and opportunity
OUR COFFEE is OUR ADVENTURE

Maraming Salamat po
Mauliate Godang
Terima Kasih Banyak.

Homestay di Desa Nagasaribu ( Desa Silaban Tornaganjang, Desa Sibaganding, Desa Banajartonga dolok, Desa Hutabagasan, Desa Tambunan )
26-30 September 2017

 

SHARE
Previous articleIndo Fest 2017, Ottawa Kanada