Beranda Coffee Talk

Indo Fest 2017, Ottawa Kanada

BERBAGI

Ganisilaban.com – Kanada, negara paling utara, di Benua Amerika , yang ber ibukotakan Ottawa. Negara yang sangat luas dan terdiri atas 10 Provinsi dan 3 teritori.

Siapa yang tidak kenal air terjun Niagara..Air terjun besar di sungai Niagara yang berada di garis perbatasan internasional antara negara bagian Amerika Serikat-New York dengan provinsi Kanada Ontario.

Sayang…… kami ke Canada bukan untuk Traveling….tapi, untuk tugas negara, Hehehe….!!!!

10 Bagasi Besar untuk Pameran Indofest 2017

Menghadiri Indonesia Festival ( Indofest) di Ottawa selama tiga hari berturut-turut (25-27 Agustus 2017). di gedung Paviliun Aberdeen, Lansdowne Park, Ottawa ibukota Kanada yang diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ottawa.

Acara pembukaan dari wakil dubes RI untuk Kanada, ibu Suwartini Wirta dan photo bersama Wali Kota Ottawa Jim Watson dan perwakilan indonesia untuk kanada.

Indo Fest adalah kegiatan promosi tahunan KBRI Ottawa yang telah berlangsung sejak 2006. Biasanya, kegiatan ini diselenggarakan seharian penuh di halaman KBRI dengan menampilkan kesenian dan makanan tradisional Indonesia, sedangkan OWTW adalah rangkaian kegiatan selama setahun penuh di Ottawa untuk memperingati 150 tahun terbentuknya Konfederasi Kanada. Tidak kurang dari 70 kedutaan berpartisipasi pada OWTW memamerkan kesenian negara masing-masing.

Stand Kabupaten Humbang Hasundutan
Jumpa sama artis Dayak Terkenal Uyau Morris pemain Sape ( alat musik petik tradisional Dayak) yang sudah keliling dunia.

 

Sebanyak 180 Delegasi yang datang langsung dari  Indonesia. Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Gubernur Sulawesi Utama Olly Dondokambey. Bank Indonesia, Kementerian Luar Negeri, BKPM, Pemprov Jawa Barat dan Jawa Timur, serta Kabupaten Humbang Hasundutan (Sumatra Utara). Dan sebanyak 35 perusahaan dari Indonesia ikut berpatisipasi dan memamerkan produk masing-masing di “Indonesia in Ottawa: Indonesian Festival 2017”.

Ibu Lydia sedang menjelaskan posisi Kabupaten Humbahas di map dan juga memperkenalkan potensi wisata dan alam Humbahas

Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas)  yang membawakan delegasi dari team Dekranasda Humbang Hasundutan dan pelaku usaha kopi lintong yang bergabung dalam organisasi Maspekal, serta bekerjasama dengan Rumah Kreatif Sinar Mas (RK Sinar Mas)  turut berpatisipasi  dalam Indofest 2017 ini, dengan membawakan produk-produk primadona Humbahas, Sumatera Lintong Coffee Arabika dan Haminjon (Kemenyaan) serta produk wisata di kabupaten Humbahas.

Team Humbahas dan Team RK Sinar mas bersama Bapak Kartika Candra Negara, MC Ekonomi Kedutaan Besar Indonesia untuk Kanada

Sedangkan Rumah Kreatif Sinar Mas yang membawakan Humbang Shibori, kain tenun alami yang sudah didesain dalam bentuk baju serta kerajinan tangan lainnya seperti tas,dompet, hasil dampingan RK Sinar Mas dengan pegiat seni di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Gadis gadis Kanada sedang pose memakai kain Shibori dari Humbang

Kain Shibori yang dibawakan langsung oleh Direktur Asuransi Sinar Mas Ibu Dumasi Samosir dan staff nya dari RK Sinar Mas mendapat apresisasi yang sangat baik dari semua pengunjung serta mengagumi keunikan dan keindahan karya pegiat seni ikat celup dari Humbahas.

Direktur Asuransi Sinar Mas Ibu Dumasi Samosir sedang menjelaskan tentang kain Shibori

Saya, bertugas sebagai bodyguard untuk wanita wanita hebat dari Humbang Hasundutan, dan tentunya sebagai barista untuk menyajikan produk primadona Humbang Hasundutan ” Kopi arabika Sumatera Lintong” yang kami bawa ribuan kilometer dari Humbahas.

Team dari HUMBAHAS dan ASM ( Asuransi Sinar Mas)

Selama pameran Booth Humbahas selalu padat di kunjungi dan sebanyak  1500 gelas kopi Sumatera Lintong dari berbagai variant disajikan selama pameran,yang mendapat apresiasi yang luar biasa dari penikmat dan pebisnis kopi yang mau melakukan bisnis kopi di Humbahas,

Gani Silaban, sedang meracik kopi Lintong untuk disajikan gratis kepada setiap pengunjung yang datang ke booth Hunbahas

 

Kopi Lintong di depan Gedung Parlemen Kanada

Perhelatan yang memadukan pameran produk, forum bisnis, peragaan busana dan bazar kuliner,pagelaran seni yang digelar sejak 25-27 Agustus 2017 itu, berhasil menyedot tidak kurang dari 14.492 pengunjung. “Ini sebuah event yang luar biasa,” kata Wali Kota Ottawa Jim Watson. Indofest kali ini adalah yang terbesar selama “Ottawa Welcomes the World (OWTW)” Watson, menambahkan.

Ibu Lidya Panjaitan menerima cinderamata atas partisipasi mengikuti indofest 2017, dari wakil dubes RI untuk Kanada, Ibu Suwartini Wirta.

“Kami berusaha memaksimalkan Indofest 2017 untuk lebih mendorong ekspor Indonesia ke Kanada dan menarik investasi dan wisatawan Kanada ke Indonesia,” ujar Suwartini Wirta, Wakil Dubes Indonesia untuk Kanada.

Keberhasilan Indofest 2017 ini baru merupakan sebuah awal. “Pemerintah telah mencoba melakukan berbagai terobosan, sekarang giliran para pengusaha untuk segera menindaklanjuti kesepakatan yang telah dijalin dengan baik. Wakil Dubes Suwartini, menambahkan.

Terima Kasih Kedutaan Besar Kanada Ottawa

Ottawa,Kanada

25-27 Agustus 2017

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here