Beranda Love To Do What I Do

Cara mendapatkan visa non-immigrant ke Amerika (USA)

BERBAGI

Sewaktu ada kesempatan ke USA untuk training Leadership di iLEAP-Seattle pada tahun 2013, ceritanya disini ya: http://www.ganisilaban.com/2016/02/25/america-im-coming/ .Ada satu hal yang menarik dan cukup membuat hati berdebar cemas,karena mendengar info begitu susah dan ketatnya mengurus visa ke USA, yang tidak semudah pengurusan visa Jepang,Korea, Taiwan, Thailand dan negara lain  yang pernah saya kunjungi. Dengar-dengar agak ketatnya pengurusan visa ke USA ini adalah karena kejadian hancurnya gedung WTC (World Trade Center)  oleh teroris pada tanggal  11 september 2001. Pemerintah USA, memperketat semua warga asing masuk ke USA. Tapi sekarang tidak begitu ketat, asal jelas kunjungan dan tujuannya  ke USA.

Disini, dengan senang hati saya mau share pengalaman dalam mengurus visa ke USA.

Visa yang saya urus waktu itu adalah visa non-imigrant jenis B1/B2 karena saya diundang untuk program training di iLEAP Dengan Visa jenis B1/B2, kita bisa melakukan perjalanan ke AS untuk tujuan bisnis, training, pariwisata, kunjungan keluarga, rekreasi, konferensi, perawatan medis, dll. Pemegang visa jenis B1/B2 tidak dapat masuk ke Amerika Serikat untuk tujuan bekerja, belajar, menetap, atau mengganti ke status lain.

Waktu itu jadwal training ke iLEAP antara bulan September-November 2013, setelah saya lulus dan diterima sebagai peserta, iLEAP langsung menginstruksikan semua proses-proses sebelum berangkat, mulai dari pengurusan tiket, cara aplikasi visa online dan interview, dan lain.

Bulan juni 2013 saya sudah mulai aplikasi via online langsung yang sudah tersedia di website nya Kedutaan Besar Amerika:  http://indonesian.jakarta.usembassy.gov/id/visas/mengajukan_visa.html

Langkah-langkah pengurusan Visa Non-Imigrant:

1.Membayar biaya pengajuan visa non-imigran

Membayar biaya pengajuan visa non-imigran, untuk visa turis adalah USD 160 ( Rp. 1.680.000). Pastikan lihat kurs USD waktu mau membayar, karena sering berubah. dan ini harus di transfer ke rekening bank yang sudah ditentukan oleh Kedautan Besar Amerika yaitu Bank Permata dan Standard Chartered. Jika seandainya kita gagal dalam pengurusan visa ini, duitnya terbakar lho!.. waktu itu saya harus ke Medan, untuk transfer karena di Kabupaten HumbangHasundutan belum ada bank permata. Petugas bank akan memberikan selembar slip “USA MRV Fee. dan bukti slip ini harus disimpan.

IMG_20130731_2259592.Melengkapi Aplikasi Visa Elektronik Non-Immigrant (DS-160)

Langkah selanjutnya adalah mengisi aplikasi visa DS 160 secara online di sini. Sebelum mulai mengisi aplikasi tersebut, ada dua hal yang harus dilakukan. Yang pertama, kamu akan diminta untuk memilih lokasi di mana kamu akan mengajukan visa tersebut. Untuk Indonesia, lokasinya ada di Jakarta dan Surabaya.  Berikutnya, mengunggah foto digital. Pastikan fotonya terlihat jelas, leher ke atas, bukan leher ke bawah, yang menunjukkan kondisi wajah paling lama enam bulan terakhir.

Berikutnya klik “Start an Application” dan kamu akan mendapatkan Application ID yang akan digunakan seterusnya dalam proses pengajuan visa ini. Setelahnya, aplikasi ini akan bertanya sebuah security question yang dapat dipilih sendiri. Saya saat itu memilih pertanyaan “Siapakah nama ibu kandung kamu?

aply

Selanjutnya klik “Continue” dan kamu akan masuk ke halaman pertama Aplikasi Visa Elektronik Non-Immigrant (DS-160). Secara garis besar, pengisian aplikasi tersebut terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

Personal

Kita diminta biodata anda: Name (surnames, given names, juga full name in native alphabet) –lalu, Sex (Male, Female, ), Marital Status (Jleb!), Date and Place of BirthNationality,National Identification Number (nomor KTP)

Address and Phone

Bagian ini kita mengisi alamat rumah dengan jelas, termasuk nomor telepon dan alamat email yang dipakai

Passport

disini anda disuruh mengisi data-data pada paspor, seperti tipe paspor,nomor paspornegara pemberi pasportempat paspor tersebut dikeluarkan, juga tanggal keluar dan tanggal kedaluwarsa paspor.

Travel

Disini anda ditanyai mengenai apa tujuan pergi ke Amerika Serikat, termasuk tentang travel plan yang telah disiapkan, ini tentang jadwal kunjungan kita di USA. Berikutnya, aplikasi ini akan menanyakan lokasi yang dirancanakan akan dikunjungi di Amerika Serikat, alamat tempat tinggal selama di sana, nama orang/perusahaan yang membiayai perjalananmu (termasuk alamat, nomor telepon, dan apa hubungannya denganmu).

Travel Companions

Bagian ini menanyakan “Are there other persons traveling with you? Klik “Yes” apabila ada atau “No” jika bepergian sendirian.

Previous U.S. Travel

Dibagian in,anda akan ditanyai tentang: Apakah pernah berada di Amerika Serikatpernah mendapatkan Visa Amerikapernah ditolak masuk ke Amerika Serikat, dan apakah pernah menandatangani petisi imigran Amerika Serikat.

U.S. Contact

Bagian ini akan bertanya mengenai kontak yang bisa dihubungi di Amerika Serikat, nama dan dari organisasi apaapa hubungannya denganmu, termasuk alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan alamat email aktif yang digunakan.

Family

pertanyaan tentang keluarga misalnya siapa  Nama Ayah dan Tanggal LahirnyaNama Ibu dan Tanggal Lahirnya, termasuk menjawab “Yes” apabila mereka tinggal di Amerika Serikat, juga apabila kamu mempunyai saudara dan kerabat yang tinggal di Amerika Serikat.

Sekadar tip, apabila anda lelah mengisi aplikasi ini, maka kamu bisa menyimpannya, dan masuk kapan saja, asalkan kamu tahu Application ID yang dipakai termasuk security question yang dipilih. (Catatan, aplikasi ini akan menutup sendiri apabila tidak ada kegiatan selama 20 menit, dan untuk masuk lagi, kamu juga akan diminta memasukkan data-data tersebut).

Work/Education/Training

Anda disuruh  mengisi data pekerjaan utama besarnya penghasilan per bulan, juga penjelasan singkat mengenai pekerjaan. lalu tentang  adalah pendidikan, di mana anda diminta untuk meng-input data pendidikan yang pernah kamu hadiri, lengkap dengan nama institusialamatbidang studi, juga tanggal masuk dan lulus dari institusi tersebut.

Pertanyaan tambahan pada bagian ini, diantaranya adalah “Apakah kamu berasal dari suku tertentu?“, “Apa saja bahasa yang kamu kuasai?“, “Negara mana saja yang kamu kunjungi dalam lima tahun terakhir?“, “Apakah kamu tergabung dalam organisasi tertentu?” “Apakah kamu pernah bergabung dalam militer?” dan lain-lain.

Security and Background

disini ditanyakan berhubungan dengan latar belakang anda, yang menyangkut tentang keamanan di USA misalanya “Apakah kamu mengalami gangguan mental yang dapat membahayakan orang lain?“, “Apakah kamu pengguna atau pengedar narkoba?“, “Apakah kamu pernah melakukan tindakan kriminal?Apakah kamu merupakan anggota kelompok teroris?“ “Apakah kamu pernah mencari bantuan untuk masuk ke Amerika Serikat dengan maksud jahat?“.dll.

Apabila pengisian dilakukan  dengan prosedur yang benar, selanjutnya akan mendapat formulir konfirmasi pengisian Aplikasi Visa Elektronik Non-Immigrant (DS-160) ber-barcode yang harus dicetak dan dibawa pada saat wawancara di Kedutaan Besar Amerika. Formulir ini dapat dicetak langsung.

Confirmation the submission of the nonimigrant visa aplication for Gani Silaban-page-001 (1)
Ini Bukan Visa! Ini adalah konfirmasi telah mengisi aplikasi DS-160.

3. Membuat jadwal wawancara secara online

Setelah mendapatkan konfirmasi pengisian Aplikasi Visa Elektronik Non-Immigrant (DS-160), maka langkah selanjutnya adalah membuat jadwal wawancara di Kedutaan Besar Amerika secara onlinedengan mengunjungi situs ini. Yang perlu diingat adalah, wawancara paling cepat dijadwalkan dua hari setelah aplikasi DS-160 di-submit secara online.

Pada situs tersebut, –apabila belum pernah mendaftar, maka anda diharuskan membuat akun terlebih dahulu. Cukup isikan email, nama, password yang diinginkan, dan ketik captcha yang muncul, maka kamu sudah otomatis teregistrasi pada situs tersebut. Berikutnya, adalah membuat jadwal wawancara dengan melalui beberapa isian sebagai berikut

Memilih jenis visa yang diinginkan, immigrant atau non immigrant.

  • Memilih tempat wawancara, Jakarta atau Surabaya.
  • Memilih kategori visa yang diinginkan, businesscrew (ship/aircraft)all other visas including working in the USA, atau studying in the USA/Exchange Visitor.
  • Memilih kelas visa yang diinginkan –apabila sebelumnya memilih jenis visa bisnis, maka isiannya– B1 – Visitor for Business, B1/B2 – Visitor for Business and Pleasure, atau B2 – Visitor for Pleasure or Medical Treatment.
  • Mengisi data personal, yang meliputi data paspor, data diri seperti nama, kebangsaan, tanggal lahir, dan jenis kelamin, juga nomor telepon, email, dan alamat surat menyurat. Yang tidak boleh lupa diisikan di sini adalah nomor konfirmasi aplikasi DS-160 yang sudah diperoleh sebelumnya.
  • Menambah daftar nama, apabila ada grup/anggota keluarga yang ingin mengurus visa bersamaan denganmu.
  • Menjawab beberapa pertanyaan singkat, seperti: “Apakah kamu pemegang paspor Indonesia?”, “Apakah kamu lebih muda dari 14 tahun?”,  “Apakah kamu pernah mendapatkan visa B1/B2 sebelumnya?”.
  • Berikutnya adalah menentukan alamat pengiriman Visa Amerika (apabila nanti disetujui), dan pemohon dapat memilih pengiriman ke kantor, rumah, atau diambil sendiri ke alamat pengambilan tertentu. Setelah ini, akan muncul halaman konfirmasi pembayaran, di mana mu harus meng-input bukti pembayaran (receipt number) yang telah dilakukan sebelumnya.

Setelah mengklik “Continue“, aplikasi akan membawamu ke halaman “Schedule Consular Appointment” di mana kamu bisa memilih tanggal wawancara yang diinginkan. Setiap hari kerja, diadakan dua sesi wawancara, yaitu pukul 07:00 dan pukul 09:00. Namun, untuk pukul 09:00, biasanya slot yang tersedia lebih sedikit atau malah habis.Hasil dari aplikasi ini adalah formulir “Appointment Confirmation” yang bisa dicetak atau dikirim ke surel terlebih dahulu.

AppointmentConfirmation-page-001
Appointment Confirmation

Sekadar catatan, Anda masih bisa melakukan wawancara setahun setelah tanggal pembayaran visa. Jika lebih dari itu, maka pembayaran dianggap tidak berlaku lagi.

4. Mengumpulkan dokumen-dokumen yang akan dibawa pada saat wawancara

Pada saat hari wawancara, anda harus membawa sejumlah dokumen yang dibutuhkan. Ada yang wajib, dan ada yang digunakan sebagai dokumen pelengkap. Dokumen wajib tersebut meliputi:

  • Paspor dengan masa berlaku minimal enam bulan
  • Tanda bukti pembayaran dari Bank Permata/Standard Chartered
  • Foto ukuran 5×5 dengan latar belakang putih yang terbaru.
  • Formulir konfirmasi pengisian Aplikasi Visa Elektronik Non-Immigrant (DS-160) ber-barcode
  • Formulir “Appointment Confirmation”

Supaya terkesan meyakinkan, dokumen wajib tersebut seyogyanya dilengkapi dengan dokumen-dokumen pendukung yang mengindikasikan bahwa niat kamu untuk ke Amerika adalah bukan untuk menetap melainkan untuk tujuan khusus, seperti berwisata. Dokumen-dokumen tersebut antara lain:

  • Surat sponsor, jika ada, apabila kamu diundang untuk menghadiri event 
  • Surat pengantar kantor beserta slip gaji, untuk membuktikan jika kamu bekerja di Indonesia, dan akan kembali lagi ke Indonesia untuk bekerja, bukan untuk menetap di Amerika.
  • Rekening koran/fotokopi buku tabungan, yang menunjukkan bahwa kamu mampu bertahan hidup di sana dengan membeli makan dan minuman, bukan dengan berburu dan meramu menggunakan kapak perimbas.
  • Kartu Keluarga, apabila ada anggota keluarga yang ikut serta bersama kamu dalam perjalanan ke Amerika.
  • Rencana perjalanan di Amerika Serikat, supaya meyakinkan petugas wawancara mengenai apa tujuanmu berada di Amerika Serikat.

Setelah semua syarat lengkap, datanglah di hari wawancara beserta semua dokumen tersebut, setengah jam sebelum waktu wawancara ter jadwal.

5. Wawancara di Kedutaan Besar Amerika Serikat

Jadwal wawancara saya waktu itu adalah rabu,tanggal 6 agustus 2013, jam 08.30 Wib. Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 3-5, Jakarta Pusat. Saya berangkat dari medan  tanggal 5 agustus, dan menginap di Jalan Jaksa  (Menteng) ada banyak hotel murah yang dekat dengan kedubes USA. saya menginap di   Hotel istana ratu Jalan Jaksa ( menteng) no 7-9 telp: 021 314 2446. yang tarifnya : Rp. 260.000/ malam.

6.Langkah-Langkah menuju interview:

Ketika anda masuk di Kedutaan Amerika yang dijaga ketat oleh tentara ini,  di pintu masuk kita akan dipandu oleh petugas ke tempat X-ray untuk pemeriksaan. Disini juga barang-barang kita semua X-ray, barang barang selain dokumen aplikasi harus ditinggal disini.

apply-visa-step_1dan pintu kedalam kita akan dipandu untuk menuju antrian. Ada petunjuk petunjuk warna merah ke antrian visa.

apply-visa-step_2

Kemudian anda  akan menunggu di area tersebut sampai dipanggil ke loket untuk memeriksa informasi permohonan visa kita. Anda menyerahkan dokumen dokumen anda pada staf kedutaan di loket. Dan mereka memeriksa aplikasi kita dan memastikan informasi applikasi visa lengkap dan kita  diberi nomor kelompok. disini Pasport, Appointment confirmation, letter-DS-160 confirmation  dan photo 5 x 5   sebanyak 2 lembar dikumpul.

apply-visa-step_3

Setelah anda selesai dari loket anda menuju ruang tunggu konsuler. disini banyak yang ditanya tanya, aku malah ditanya tahun berapa SMA? hehe.. Kemudian kita disuruh ke ruang tunggu, yang sudah diatur per group, waktu itu kami ada 20 orang satu group,yang sudah dapat nomor antrian juga.

apply-visa-step_5

apply-visa-step_6

Disini, ruang tunggu per group, waktu paling lama menunggu, karena group sebelum kami sudah menunggu juga disini untuk wawancara, hampir 1 jam disini, untung Makanan dan minuman tersedia untuk dibeli di sini.

apply-visa-step_7

Setelah nomor grup anda dipanggil, anda melanjutkan ke bagian konsuler. biasanya 2 orang sekali panggil.

apply-visa-step_8

Di bagian konsuler anda akan diambil sidik jarinya oleh pejabat kedutaan.

apply-visa-step_9

Setelah anda disidik jari, nomor anda akan dipanggil untuk wawancara.ada tempat duduk dekat tempat wawancara, bisa lihat lihat caranya kalau lagi diwawancara.

apply-visa-step_10

Sebelum dipanggil wawancara, saya juga bertemu dengan boru sembiring, yang mau urus visa juga, untuk mengunjungi keluarganya di New York City. selama menunggu, rata-rata yang mau wawancara keren-keren, golongon menengah keatas. tapi banyak juga saya lihat dapat kertas kuning bahkan merah dengan wajah kecewa.. Kemudian nomor antrian saya dipanggil untuk wawancara, waktu itu yang mewawancarai saya adalah wanita amerika agak gemuk, saya lihat namanya waktu itu Ms. Sisika Ficher. ( semua pewawancara adalah bule-orang amerika, dan ada yang sudah bisa sikit-sikit bahasa Indonesia, tapi yang pasti wawancara harus english dong)

Pertanyaanya pertama ” What your is your name?” ya” pertanyaan ini gampang, pikirku.Langsung saya jawab dengan logat english-batak ” “My name is Gani Silaban” artinya  ( Ia goarhu,inang. ima  Gani Silaban,pantas marroha ) lalu “What are you going to do in the USA”? “Saya jelaskan bahwa saya diundang untuk mengikuti program training iLEAP, bla-bla……. Dan tanpa diminta saya langsung beri surat rekomendasi dari ileap dan 3 lembar surat sakti dari senator amerika lalu di check semua dokumenku dan langsung di beri keras KERTAS PUTIH yang ditulis dalam bahasa indonesia dan english dan dia bilang, ” have a nice trip” dan hati yes!!!!…..Terima kasih TUHAN… begitu singkat dan praktis..Mungkin karena “surat sakti” itu kali, karena teman-teman lain saat wawancara seperti menginterogasi, ada yang nunjukin nomor rekening, dll.

IMG_3616

Kemudian saya keluar dan tanda tangan kunjungan di pintu terakhir. Kemudian ada ibu tua mau telp sopirnya minta pinjam HP ku sebentar, katanya diapun dapat kertas putih, saking senangnya, kasih tumpangan dan antar sampai ke hotelku.

Seminggu kemudian pasport saya yang sudah stempel visa amerika tiba dirumah yang dikirim via Tiki kedesa saya, desa Nagasaribu,Kecamatan Lintongnihuta, Kabupaten HumbangHasundutan-SUMUT, sebelah tenggara Danau Toba, danau terluas dan terbesar di Indonesian itu.

Dan akhirnya tanggal 27 September 2013 saya berangkat dari Medan-Singapore-Japan-Seattle-USA.

Semoga Bermanfaat untuk semua.

pennwell.web.420.196
Living on a jet plane

Kedutaan Besar Amerika Serikat

Kedubes AS Jakarta berlokasi di alamat berikut:
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 3 – 5
Jakarta 10110, Indonesia
Telepon: (62) 21-3435-9000
Fax: (62) 21-385-7189

Konsulat Jenderal Amerika Serikat Surabaya beralamat di:
Jl. Citra Raya Niaga No. 2
Surabaya 60217, Indonesia
Telepon: (62) 297-5300

Pertanyaan-pertanyaan sewaktu wawancara yang harus di kuasai: 

  • What is your birth date?
  • What is the number of your passport?
  • What are you going to do in the US?
  • What is the purpose of your trip?
  • Do you have return air tickets, medical insurance etc. (Yes to both)
  • How much expense do you expect from this trip?
  • Have you been outside your home country before?
  • Is this your first visit to the US?
  • What places do you want to visit?
  • How long will you stay in the US?
  • Do you have relatives in the US? If yes, who?
  • Who is going to sponsor your visit?
  • Why do you want to have this training in specific achievements?
  • How will the program relate to your work and community?
  • How will you use what you learned back in your home country?
  • What do you expect from participating in this program?
  • Can you explain what sort of activities your organization is doing in brief.
  • (If you had previously been denied a visa) Why were you not given visa in XXXX and what type of visa you were applying for?
  • Where will you be staying while you’re in the US?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here