Hirofumi Yamamoto, sang peneliti Kopi Lintong dari Jepang

Hirofumi Yamamoto, sang peneliti Kopi Lintong dari Jepang

2042
4
SHARE

Adalah sabahat saya Namanya Rene Guilingen ( guilingen =marga salah satu marga dalam suku di Filipina, dimana berasal dari bahasa tagalog, bahasa yang  dipertuturkan secara luas dan sekaligus sebagai bahasa resmi di Filipina. Bahasa ini masih mempunyai hubungan keluarga dengan bahasa-bahasa di Indonesia. Guilingen=Gilingan dalam Bahasa Indonesia .

894_1068388310920_8650_n
Group field “Sakura” group kami ketika belajar pertanian organik di ARI-Jepang tahun 2008. Rene teman saya yang pake jeket dan ransel duduk jongkok.

Rene Guilengen sahabat  saya, dulu waktu kami sama-sama menimba ilmu Pertanian Organik dan leadership di ARI-Jepang tahun 2008, Dia teman satu angkatan dan juga teman satu asrama, orangnya sangat kalem dan smart.  Setelah pulang ke kampungnya di Baguio city-Provinsi Benguet, yang tidak terlalu jauh dari Manila ibukota Filipina dan daerah bergunung ini. Dia bersama dengan organisasi-nya CGN ( Cordilera Green Network) organisasi non profit yang fokus masalah lingkungan dan pemberdayaan petani dan pendidikan, memulai program ” Coffee Project” dimana sebagaian besar provinsi benguet sayang baik untuk pertumbuhan kopi karena topografi sangat pas untuk arabica. . Oh Rene ( nama panggilan kami) bilang program ” coffee project ” ini kami lakukan terinspirasi dari semua presentasimu tentang ” mengangkat hidup petani kopi” kala di kita di ARI jepang lho. katanya…( sedikit bangga lah, ada juga kawan yang bangga dengan aktifitasku di humbang rupanya..hehehe!!!).

Rene, Kontak sama saya, bahwa ada kawannya orang jepang yang sedang kuliah di Manila, tapi sangat suka meneliti kopi dan ingin meneliti kopi lintong di sumatera. apakah ada waktu menghandle  Hirofumi san?  katanya….

DSCF2560
Hirofumi sedang mencatat ukuran daun, warna “varietas sigarar utang” .Batuhatang
DSCF2562
Mengukur setiap daun pohon kopi, harus detail katanya

Hirofumi- san ( yang nama lengkapnya Hirofumi Yamamoto) email saya dan bilang rencananya. Dia menunggu jawaban saya hampir 2 bulan lho…karena kesibukansaya  waktu itu kadang keluar kota..dan akhirnya saya putuskan dan  bilang sama dia untuk datang saja bulan februari 2014. “Nanti saya bantu kamu” , kataku menyakinkan dia, “Tapi janji ya!!, saya tidak bisa temani kamu tiap hari ya, maklum saya banyak kesibukan, tapi saya nanti akan pandu ke kebun teman atau apa yang kamu butuh info tentang kopi lintong, dan janji harus kasih saya semua ilmu yang kamu teliti di HumbangHasundutan ya?”..sedikit mengancam…hehehe…

DSCF1903
Sedang wawancara dengan “panjuhar kopi” pedagang pengumpul kopi di pasar Lintongnihuta
DSCF2582
Hirofumi sedang survei pohon sample, yang akan di”operasi”

Dia tinggal di rumah saya di Nagasaribu selama satu bulan lebih..orangnya sangat mandiri, bisa masak menyuci dan pergi sendiri apa itu jalan kaki, atau pun naik sepeda ( masih ingat ya teman saya orang jepang yang kasih sepeda gunung  sama saya : ) .

Tiap hari, pagi- pagi dia sudah berangkat dari rumah setelah masak nasi dan ngopi ngopi  dan baru pulang sore,begitu juga dengan saya juga banyak kesibukan ngajar di SMA dan AKPER dan kegiatan lainnya.  saya pandu dia, siapa yang mau dikunjungi…dan main sendiri…..

IMG_0005
Menikmati makan malam dengan “jagal B2 beserta soup nai”

Hirofumi yang perokok berat tiada hari tanpa meneliti, daun, ranting,batang, bunga, biji dia klasifikasi semua secara detail. hampir semua lokasi kebun kopi di sekitar lintongnihuta dan HumbangHasundutan dan sekitarya sudah disambangi, tentunya dengan ijin teman-teman petani.

DSCF2377
Hirofumi sedang menggonseng kopi lintong, dengan alat sangrai manual dari jepang

Selama satu bulan terciptalah,hasil penelitian yang tidak terniai, dan diberikan cuma-cuma kepadaku. Sudah 15 tahun bergelut di kopi,tapi tidak pernah dapat info sedetail penelitian hirofumi. sungguh beruntung bisa mendapat hasil laporan ini,yang pasti aku akan share untuk semua orang nanti, secara umum, hasil penelian Hirofumi adalah klasifikasi jenis/variertas kopi di Humbanghasundutan.

jpg
Coffee Strains in Lintongnihuta by Hirofumi Yamamoto, ntar aku translate nanti biar bisa dilihat publik

Hirofumi dulu alumni Soka University,universitas swasta di Hachioji, Tokyo, Jepang.Jurusan filsafat,  ia menulis tentang perkembangan budaya kopi di Jepang, pernah bekerja di sebuah perusaan biro iklan.Selama disana dia merasakan suatu kebosanan dan  berpikir untuk melakukan sesuatu yang lebih bergairah: mengambil pekerjaan paruh waktu di sebuah perusahaan kopi kecil, ia belajar dan menjiwai betul tentang kopi. bosnya di kedai Ko-hi Seikatsukan, Mr. Yoshiyuki Takahashi, menjadi mentor. Dia banyak belajar cara  menggonseng/roasting kopi, men-testing rasa kopi/cupping, dan semua tentang proses kopi. dan kemudian di ingin belajar tentang bisnis kopi ( Green bean/Osas) dan kemudian bekerja di  US Foods Company,  setiap hari dia menangani kopi sari seluruh dunia. tapi tidak cukup sampai disitu, Hirofumi memutuskan untuk belajar sebanyak mungkin tentang kopi sendiri. Dia membaca semua buku dan artikel tentang kopi. Akhirnya, ia memutuskan untuk melanjutkan pendidikan nya di  universitas di filipina sambil belajar tengang kopi di negara ini. Dia banyak bergaul dengan NGO disana untuk mencari tahu lebih luas tentang kopi di ASIA secara khusus.

itulah akhinya,Hirofumi bisa tahu ” kopi lintong dan gani silaban di sumatera utara,hehehee, masuk barang tuh.!!!

Yang pasti dia sekarang banyak membantu penelitiaan-penelitian khususnya tentang kopi dan dampaknya terhadap kesejahteraan masyarakat dan lingkungan di berbagai universitas di Filiphina, ber-kolaborasi dengan NGO internasional dalam pemberdayaan petani kopi di Timor Leste dan Myanmar dan sejumlah negara di Asia tenggara. Dia selalu membantu, tanpa imbalan, memberikan ilmunya, penelitianya yang dia lakukan bertahun tahun kepda petani secara gratis
da artikel disini tentang hirofumi: http://sprudge.com/enabler-yamamoto-hirofumi-changing-coffee-philippines-72828.html

dan ada satu hal yang dia utarakan sama saya” Coffee itu adalah dedikasiku untuk membantu petani-petani”

12291935_10207047281914221_8403818394212995108_o
Lagi melatih mahasiswa cara men testing rasa kopi di Filiphina
DSCF2266
Desa limbong dari puncak pusuk buhit-samosir

Oh..pernah lho,,,ada temanku pelaku wisata dari medan dan teman di samosir mengundang kami untuk program agrowisata di lereng pusuk buhit, mengundang kami kesana, sepanjang perjalanan dan selama dua hari disana, dia malah lari dan asyik kekebun kopi dan meneliti kopi, program agro wisata yang kami omong-omongin, nampaknya dia ga tertarik sama sekali, dia bilang, “sayang waktu ku disini habis, padahal masih banyak PR di humbang” katanya,..hehehe

DSCF2314
maunya kopi–kopi –saja
DSCF2313
nah!!, kami sudah mau pulang, dia masih asyik meneliti kopi Lereng gunung pusuk buhit, samosir

Tapi, diHumbang, dia sangat menghargai saya, dan saya bilang, saya ini juga mengajari di sekolah, dan suka memotivasi anak muda, untuk maju, kamu harus bantu saya, untuk mewujudkan impian saya ini, kataku mengajak dia.

Ada beberapa kali program yang dia bantu untuk pemotivasian anak muda, pernah saya bawa dia ke SMA 1 lintongnihuta dan AKBID-AKPER KB Doloksanggul, dimana saya disana “part time job” rupanya dia sangat pintar mengajar doba…

DSCF2066
Bersama siswa SMA N 1 lintongnihiuta
DSCF2043
Berpose dengan siswa SMA N 1 lintongnihuta dan kepsek Pak Sihombing, waktu itu, kami upload juga berita ini di media koran SIB lho….
DSCF2083
gotong royong sama mahasiswa AKKB Doloksanggul, waktu itu sedang PBL (Praktek Belajar Lapangan) didesa hutagurgur-lintongnihuta
DSCF2217-R
ini,bersama dosen-dosen AKBID-AKPER Kesehatan Baru Doloksanggul

Tamuku memang selalu memberikan” berkat melimpah” jika kita tulus memberi.

Dan yang pasti, saya akan undang lagi di Bona Pasogit untuk membantu petani di sini:

DSCF2624
Selamat datang di kebun sigopas-gopas sitikko langit-batuharang-Nagasaribu

Jadi ingat pesan ibuku yang paling aku cintai ” Gani..tamu i raja doi da,lean nasa na tolap lean onmu, palas hon rohana, jala unang haraphon imbalan sian nasida, sian TUHAN i ma sogot tapuonmu basa-basa i” dan dia bilang lagi” rihit na diboan ni akka tondongta i,gabe sitau rejeki doi dihita, asal ma tulus hita manjangkon nasida” Tuhan Memberkati.

Tornaganjang, Februari 2014

# Nagasaribu, Lintongnihuta, Humbanghasundutan, Sari marrihit-Samosir-Pangururan”