Gadis cantik dan pemuda ganteng Ceko di Nagasaribu

Gadis cantik dan pemuda ganteng Ceko di Nagasaribu

6769
11
SHARE
gadis gadis Ceko di Nagasaribu

Dimanakah Ceko?

map-czech
Peta dan Bendera Republik Ceko

Republik Ceko (Cekia; bahasa Ceko: Česká republika, adalah sebuah negara di Eropa Tengah yang terbentuk setelah bubarnya negara Cekoslowakia. Negara ini berbatasan dengan Jerman di sebelah barat dan utara, dengan Polandia di sebelah utara, dengan Slowakia di sebelah tenggara dan dengan Austria di sebelah selatan.  Negara ini  ber ibukota Praha dan menggunakan bahasa Ceko dan Slovak.

DSCF6118
santik santik kan!!!

Ke-eksotisan Kota Prague atau orang Ceko biasa menyebutnya Praha , sesederhana gadis-gadis pirang Ceko yang cantik-cantik lho..Mungkin kalau pernah nonto film James Bond 007 “ Quantum of Solace” yang lokasi shuting nya di Praha, dengan gadis-gadis cantik dan pemuda ganteng disana. Dan rata-rata tamu kami dari Ceko ini orang-orang Praha lho.!!!,

DSCF5616

Pertemananku dengan Dosen-dosen Politehnik Informatika DEL (PIDEL)_ dan juga dosen dosen dari CULS ( Czech University of Life Sciences Prague)  terkhusus dalam Program “ Summer School” di Kawasan Danau toba, tepanya bermarkas di kampus PI-DEL laguboti-Tobasa.  Program  Summer Shool, antara bulan 7-8 ini, bertepatan dengan liburan semester anak PI-DEL, sehingga mahasiswa CULS bisa menginap di mess DEL, kira kira begitu info yang saya dapat dari Pak Kisno Shinoda , Dosen Bahasa inggris PI-DEL ,  yang menghandle program ini pada tahun 2015 lalu.

DSCF5589

DSCF5591
Inillah enaknya, kasih dulu minum kopi lintong dan roti, duduk santai ,baru kita ngobrol ngobol, pasti nyambung semua.

Seperti yang  saya  ceritakan dulu, bahwa tujuan program ini, untuk mempererat interaksi sosial-budaya, serta pertukaran ilmu. skill. Ada banyak tour-tour yang mereka lakukan selama program ini dikawasan danau toba seperti : kunjungan ke perusahaan perusahaan, sekolah, homestay, wisata budaya, Coffee Tour  Nah…sepertinya untuk  “Coffee Tour”, sepertinya kami sudah menang “tender” tiap tahun,  Entah kenapa, mereke baik CULS maupun PIDEL, selalu merekomendasikan harus berkunjung ke Koperasi kami di Desa Nagasaribu. KSU POM HUMBANG COOP. Mungkin, karena kami loyal dalam menservis tamu kami kali ya,,hehehe….maybe no, maybe yes…

_MG_3212
yang melihat saya itu, namanya. Marketa Vyleto’va
_MG_3328
AdaTereza Vejvodova, Simona Pollakova, Hendra Sornov’a Silaban sude ma adong nov.lov na di pudi ni goar…

_MG_3190

Yang pasti setiap tahun kami biasanya menerima tamu antara 15-20 orang dari Ceko dengan program setengah hari: Coffee tour, ngopi-ngopi dan shoping-shoping di pasar doloksanggul, ya..kami selalu handle program nya.

11695800_10207967234446548_82485086694651182_n
Monika Vybiralova
_MG_3323
Ivetka Babethka dan Gani Silaban-Op si lasma lov-lova

Produk yang baik, akan selalu di ingat, ditambah ramah-tamah kita dalam menyambut dan menyajikan apa yang kita miliki, mungkin itu salah satu nilai plus..

Kami tahu,mereka pasti tertarik jika kita libatkan mereka melakukan apa yang kita lakukan dalam membuat  produk kita “ mis..kita atraksi roasting coffee yang manual, kita ajak mereka melakukan, atau kita lakukan hulling( meng-osas) dengan manual, kita ajak mereka melakuan,,,.Dan mereka selalu antri lho,,untuk melakukan proses itu….hehehe!! sudah mereka yang bantu proses, malah beli lagi nih Kopinya, buat oleh-oleh ke Ceko katanya…

_MG_3315
Lampita Silaban, sedang sibuk dengan jualan “Kopi lintong-Sumatera Lintong Coffee.Produksi KSU POM HUMBANG. lihat tuh…etalase…hampir kosong…padahal fulll tadinya doba…laris -manis…Bungkus…!!!!!

DSCF5632

DSCF5607
Cristina Conea

Dan yang paling kami syukuri adalah : mereka seperti sales marketing potensial kami lho….

Desa Nagasaribu,mungkin tidak menyadari ini..angin apa ya!,. yang membuat puluhan, bahkan sudah ratusan orang luar negeri mau mampir di desa kecil ini?.

Penjelasannya seperti  ini:  Untuk saat ini, kita punya sejuta potensi yang layak di promosikan, SDM bisa ditempa kok, yang paling utama itu MIND-SET ( Pola Pikir). Bagaimana kita bisa menerima perbedaan itu, mau belajar, dan diajari dan menghargai sesama dan orang lain..( atau menjauhan perkataan ” au dake!!, atau au dope..!!! menjadi “rap mahita marhobas” , atau “ai songon na godang do hubereng gayamm, hata-hatam!!!hutanda do amangmu,dohot oppungmu nahinan”,, lakkiap, ban-nam..? ( sorry..)  inna muse!! hehehe!!!  menjadi “toe ma,kale!! rap paturehon ma hita da”

Modal itu saja , bagi saya, sudah ada garansi untuk bisa berkembang.

_MG_3245

1896882_10204018462889727_4599630870124948025_n
Waw..ini semua aktor terkenal dari Praha nih..

Kalau mau jujur dan kalau siap, Tanah gambut  beserta tunggar di Nagasaribu itu, dalam konsep saya bisa mendatangkan (“Yen,Dolar, euro atau poundsterling:yang saat ini kursnya 1pound=Rp.20.000) ” dari tamu-tamu kami,( catatan: tidak boleh merusak alam ya..tokka) jika  orang  sekitar  mau mengikuti konsep dan aturan tadi.” “Itu aja kok repot” kata amangboru Gusdur..( oh…kira-kira bisa dibayangkan ga?..jika gadis cantik dan pemuda ganteng ini, bergelantungan sambil memegang “bonggas” ya…hehehe”)….

DSCF5599
Libuska Valesova, Ini salah satu dosen nya lho….tiap tahun datang,

Anyway….Tentang mahasiswa dari Ceko tadi… Kawan saya dosen PIDEL yang meng handle program Summer School ini,  bilang sama saya. “Tahun depan coba aja dulu bro! , di rumah petani mu homestay …karena biasanya ada 4-6 orang itu, tertarik dengan pertanian, khususnya kopi sebagai komoditi primadona HumbangHasundutan.   lantas, Saya bilang, “saya sangat tertarik dengan program homestay, dimana sudah sering kami lakukan dengan mahasiswa Jepang di kampung kami …mmm!!! cuman, saya agak ragu sedikit, apa masyarakat disini siap ya.!! Dengan budaya Barat….tapi ntar aku harus diskusikan dulu dengan teman-teman,” kataku menjawab.  ( Keraguanku jujur, sedikit pada masalah “Pakaian na met-met “yang seperti biasa dipakai teman-teman dari Ceko,,,itu bisa fatal kadang di kampung kami ini….takut nanti suami-suami  ganti jurus di rumah…kwkwkw!! ah..mungkin saya terlalu negatif kali ya.!!) just forget it…

10313572_10204018461769699_8907649454918211420_n
Oppung hu dengan Libuska Valesova..uenak tenangg…Opungku ini sudah meninggal 92 tahun.kurasa tondinya sudah jalan-jalan kurasa ke Ceko bah..

Satu hal yang past!.. Setiap kunjungan tamu kami dari Ceko ini, selalu bertepatan dengan jam keluar sekolah ( SMP N 3 Nagasaribu dan SD Sitonggi-tonggi)  Mereka selalu bersua,anak sekolah coba mempraktekkan bahasa Inggrisnya dengan malu-malu , kadang photo bersama ( katanya untuk photo profile Facebook) hehehe…..

_MG_3342

Garansi saya, setidaknya anak-anak muda, generasi muda nagasaribu ini, pasti termotivasi, dan punya impian untuk sukses seperti mereka dimasa yang akan datang.  Dan saya pikir , kedatangan  mereka ini tidak bisa dibeli..ini suatu anugrah buat Penduduk desa Nagasaribu.. Jadi konsep kita selalu : MOTIVASI dan MENGINSPIRASI generasi muda  untuk MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK lagi.

12622041_10208576099582694_2623253022969648884_o
Petra Bilkova dan anak anak Nagasaribu

DEKUJI=Mauliate ( Bahasa Czech)

Juli 2013-Juli 2014-Agustus 2015

Desa Tornados ( Tornaganjang-Doloksukkit)