Beranda Coffee Talk

Wild Kopi luwak dan Animal welfare di HumbangHasundutan

BERBAGI

Sebagai produsen kopi luwak liar ( Wild Kopi luwak) tentunya sangat paham konsep Animal Welfare dan Five of Freedom

170095_1788998212576_1411394_o
Kotoran hewan luwak/musang yang didapat dari semak semak hutan sekitar kebun kopi. yang dikumpul oleh petani dan diolah menjadi produk jadi berharga tinggi.

Kopi luwak Liar ( Wild Kopi luwak) kopi yang didapatkan dari kotoran hewan luwak/musang dari hutan, semak atau dekat kebun kopi yang dikumpul oleh petani ( Bukan kotoran luwak yang didapatkan dari memelihara hewan luwak yang dikandangkan).

Animal welfare ( kesejahteraan hewan) yaitu usaha dalam kepedulian manusia untuk memberikan lingkungan yang sesuai dan wajar untuk hewan, dengan tujuan untuk meningkatkan kwalitas hidup hewan peliharaan, khususnya yang terikat dan dikurung.

Five of Freedom merupakan pelaksanaan dari konsep kesejahteraan satwa (animal welfare) yang harus dipenuhi oleh setiap animal lovers (pencinta satwa) untuk memberikan kondisi lingkungan yang sesuai bagi binatang peliharaan.

WP_20160123_13_06_56_Pro
Mr. Lukas , animal lover, sampai minta sama dituliskan di dadanya, wild kopi luwak, dan mempraktekkan bagaiman kopi luwak dengan leluasanya memproduksi kopi luwak di alam sana. hehehe tapi buat kami ketawa ketawa saja lihat yang satu ini bah…

Five of freedom dimaksud adalah:

  1. Freedom from hunger and thirst (atau bebas dari rasa lapar dan haus)
  2. Freedom from thermal and physical discomfort atau bebas dari panas dan rasa tidak nyaman secara fisik
  3. Freedom from injury, disease and pain atau bebas dari luka, penyakit dan sakit
  4. Freedom to express most normal pattern of behavior atau bebas mengekspresikan perilaku normal dan alami
  5. Freedom from fear and distresss atau bebas dari rasa takut dan penderitaan
WP_20160123_12_48_03_Pro
Seperti biasa…diskusi dan ngopi ngopi…biasanya 3-5 gelas itu habis kok..

Sekarang ini banyak pebisnis kopi luwak, seiring dengan pesatnya perkembangan bisnis kopi luwak, memanfaatkan binatang musang/luwak untuk mendapatkan keuntungan lebih, dengan memelihara musang dengan mengandangkan dan memberi makanan supaya bisa memproduksi kotorannya lebih banyak dan diproses menjadi kopi luwak olahan.

Menurut pengalaman kami, setelah hampir 5 tahun menggeluti usaha ini. hanya bisa mengumpul 100-400 kg luwak ( Greenbean) per tahun saja yang didapat dari 20 orang kolektor  dan kami hanya mau membeli kopi luwak liar dari kolektor di sekitar kabupaten humbanghasundutan saja, supaya keaslian kopi dan mutu kopi lintong yang dimakan luwak bisa terjamin kwalitasnya.

Sangat susah untuk mendapatkan kopi luwak liar dan dibutuhkan tehnik dan kesabaran untuk mendapatkan kotoran luwak ini. point yang kami dapatkan adalah: Senantiasa menjaga lingkungan yang asri, tidak menebang pohon sembarangan, dimana hutan adalah sebagai habitat utama hewan luwak/musang dan tidak membunuh hewan tersebut untuk dijadikan tambul ( makanan) mereka pasti akan kasih rejeki.

Anyway, Ada beberapa organisasi di indonesia yang sangat berperanan dalam pemeliharaan satwa yang dilindungi seperti:

  • Indonesian Sociaty for Animal Welfare -ISAW http://www.isaw.or.id/id/
  • Indonesian Species Conservation Program-ISCV  http://iscp.or.id/
  • dan masih banyak lagi…
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Pak Rudianto lagi buat video dan wawancara sama suhunya ” sumatra lintong coffee ” luwak tentang kampanye untuk beli kopi luwak liar ( wild kopi luwak) segera launching di youtube nanti ya.

Rudianto Sembiring ( Founder & Executive director ISCP) bersama pengurus ISCP dan pemerhati /aktifis animal welfare dari Czech Republik Mr. Mr.Lukas Baranek, Ms. Petra Bilkova,Ms.Marcela Cechova, Ms. Tereza Sindelarova, berkunjung ke desa Nagasaribu-Kecamatan Lintongnihuta-Humbanghasundutan, dalam rangka survey khusus untuk produsen kopi luwak di sumatra dan berkesempatan wawancara dan membuat video testimoni dengan founder KSU POM HUMBANG COOP, produsen kopi ” Sumatera Lintong Coffee” wild kopi luwak.

WP_20160123_13_01_05_Pro
Sedang interview tentang kopi luwak dalam bahasa Czech…penasaran dengan video Mr. Rudi ini.

Rencana, testimony ini akan di upload di video youtube untuk bisa disaksikan banyak orang.

Kopi-2Bluwak-2B100-2Bgram-2Bbiji-2Bgonseng-1024x1024
Produk Kampungan, Standart Internasional

Oh …mereka bilang, Kopi luwak liar ” sumatera lintong coffee” sangat enak dan mereka tau cerita dibalik mahalnya kopi luwak ini. dan kami akan promosi di Czech Republik dan  EUROPE katanya …ya…. langsung saja disini ya!!! : di UKsudah ada kok. Please visit us here:  http://www.amazon.co.uk/dp/B00JHSNS78?psc=1

DEKUJI=Terima Kasih ( Czech language)

Desa Nagasaribu, Jumat, 23 Januari 2016.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here